Assalammu'laikum---Selamat Datang Di Blog Perguruan Al-Hikmah Wilayah Kalimantan Barat Cabang Singkawang---Semoga Artikel Yang Kami Sediakan Dapat Bermanfaat

Senin, 28 Mei 2012


TENAGA DALAM (KAJIAN ILMIAH) 
DAN ILMU AL HIKMAH

 

 
Tenaga dalam adalah energi hasil metabolisme tubuh yang difokuskan menggunakan konsentrasi

 Tenaga Dalam Secara Umum 
 
وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِىٓ ءَادَمَ وَحَمَلْنَٰهُمْ فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ وَرَزَقْنَٰهُم مِّنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ وَفَضَّلْنَٰهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍۢ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًۭا

“Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.”

(Q.S.Al-Israa`17 : 70
)                                 

ٱلَّذِى خَلَقَكَ فَسَوَّىٰكَ فَعَدَلَكَ

"Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang"

(Q.S Al-Infithaar 82 : 7
)           


Pada dasarnya setiap orang memiliki apa yang disebut dengan tenaga dalam, hanya saja mereka tidak mengetahui bagaiman cara membangkitkan atau mengembangkannya. Tenaga dalam itu itu sudah ada sejak manusia dilahirkan. Tetapi tenaga itu masih pasif dan sewaktu-waktu akan bangkit bila orang tersebut dalam keadaan panik, tidur berjalan, terhipnotis atau ketakutan yang luar biasa.

Contoh :
Seseorang yang takut kepada anjing akan memiliki kemampuan yang luar biasa dalam berlari menghindari kejaran anjing yang berlari cepat. Bila terdesak, orang tersebut dapat melompati tembok setinggi 2 m dengan sekali lompat. Rasa takut yang berlebihan tersebut dapat membangkitkan tenaga dalamnya yang sedang 'tidur'. Secara otomatis tenaga dalam tersebut bangkit dan tersalur pada kedua kakinya yang sedang dipergunakan untuk berlari, tetapi setelah berhasil menyelamatkan diri kekuatan itu reda dan energi itu 'tidur' kembali. Kemudian orang itu baru menyadari bahwa dirinya telah melakukan sesuatu yang luar biasa.

Orang yang sedang tidur berjalan dapat melakukan hal-hal yang luar biasa dan tidak wajar apabila orang itu dalam keadaan sadar. Hal itu bisa dilihat dari gerakan akrobatik ketika orang tersebut tidur berjalan, seperti jalan di atas atap rumah atau mengigau tentang kejadian yang akan datang.


PROSES TERJADINYA TENAGA DALAM

Dalam tubuh kita terjadi pernafasan sel yaitu proses oksidasi zat makanan seperti gula menjadi karbondioksida dan air. Energi hasil proses ini disimpan dalam bentuk ATP untuk selanjutnya digunakan dalam seluruh aktifitas sel yang membutuhkan energi. Secara sederhana dapat ditulis sbb :

O2 + ATP + Glikogen Energi 
Di dalam sel terdapat organel yang sangat penting dalam menghasilkan energi yang bernama mitokondria. Mitokondria dinamakan “pusat energi” bagi sel, karena menyaring energi dari zat gizi dan oksigen dan selanjutnya menyediakan paling besar energi (95%) yang diperlukan agar sel dapat melakukan fungsinya. Jumlah mitokondria dalam setiap sel berbeda (dari jumlahnya puluhan sampai ribuan), dimana tergantung pada jumlah energi yang diperlukan oleh setiap sel. Mitokondria mengadakan pembelahan diri/replikasi sendiri sampai jumlah yang dibutuhkan untuk dapat memenuhi kebutuhan energi sel. 


Komponen utama sel memperoleh energi adalah oksigen dan satu atau lebih bahan makanan (nutrisi). Di dalam sel, bahan makanan secara kimia bereaksi dengan oksigen dibawah pengaruh berbagai enzim/katalisator (puluhan enzim) yang mengawasi kecepatan reaksi dan menyalurkan energi yang dikeluarkan dalam arah yang tepat. Energi yang dihasilkan membentuk Adenosine Triphospate (ATP). ATP kemudian ditransfer keluar mitokondria menuju semua bagian sitoplasma dan nukleoplasma, dimana energinya digunakan untuk memberi tenaga pada fungsi-fungsi sel. Oleh karena itu, ATP dinamakan sebagai bentuk energi sel karena dapat disimpan dan dibentuk kembali.

Energi yang dihasilkan oleh ATP tersebut sangat berlimpah-ruah. Malah dapat dijadikan sebagai kekuatan yang luar biasa apabila manusia dalam kondisi kejiwaan tertentu, seperti terhipnotis, panik, tidur berjalan atau trance. Selain itu, ATP juga berfungsi sebagai energi cadangan. Misalnya, setelah kita berolahraga dan kecapaian kemudian bila diistirahatkan sejenak maka tubuh kita akan pulih kembali. Energi yang dihasilkan oleh ATP dalam keadaan sehari-hari berupa panas tubuh, membantu lancarnya penyaluran adrenalin, menghidupkan kimia tubuh untuk membentuk kekebalan tubuh (zat antibodi), menghidupkan aktifitas pencernaan dan menghidupkan semua aktifitas organ dalam tubuh manusia. Berdasarkan penelitian, manusia dalam kehidupan sehari-hari hanya menggunakan sekitar 2,5% dari seluruh fasilitas energi tubuhnya. Sedangkan yang 97,5% lainnya tersembunyi sebagai cadangan di ulu hati.
Menurut ilmuan dari Inggris yang mengadakan penelitian di Jepang yang bernama Cean dan willson mengatakan, bahwa : mitokondria yang berukuran 1 cm2 dapat menghasilkan listrik sebesar 200.000 volt.Pada saat tubuh memerlukan energi maka ikatan ATP (adenosin-phosphat) akan di putus. Ketika adenosin tri-phosphat melepas satu molekulnya, maka ia menjadi adenosin di-phosphat (ADP) dengan dua molekul phosphat, ADP masih dapat melepas lagi satu molekul phosphatnya menjadi adenosin mono-phosphat (AMP). Dalam proses pelepasan inilah energi dikeluarkan.
ATP + H20 (diambil melalui pernafasan) -> ADP + Energi
ADP + H20 (diambil melalui pernafasan) -> AMP + Energi

 



Permasalahannya adalah bagaimana cara mengoptimalkan dan membangkitkan energi yang tersimpan itu agar dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila kita mampu membangkitkan energi itu sekitar 20% kita akan memiliki kemampuan super, misalnya IQ (Intelegent Quality) akan meningkat hebat, tenaga akan menjadi sangat dahsyat, lompatan menjadi semakin tinggi, kekebalan tubuh semakin meningkat, proses penyembuhan luka terjadi sangat cepat, dapat mengobati berbagai penyakit, ketangkasan dan kecepatan gerak menjadi semakin hebat dan masih banyak kemampuan lainnya yang tidak dapat disebutkan semua.

Bayangkan bila kita dapat membangkitkan seluruh energi cadangan tersebut, manusia dapat mengubah tubuhnya menjadi energi dan dapat melakukan apapun yang dikhayalkan dan dipikirkannya.

Tenaga dalam atau energi cadangan adalah suatu energi yang berpusat pada syaraf-syaraf di sekitar ulu hati dan setelah dibangkitkan akan berkumpul pada salah satu bagian tubuh yang disebut dengan solar plexus atau plexus solaris atau ada juga yang menyebutnya kundalini. Menurut berbagai sumber, kundalini merupakan bagian dari tubuh manusia yang berbentuk 3½ lingkaran, terdapat diantara tulang ekor dan kemaluan di bawah pusar. Bentuknya seperti ular yang sedang bergulung atau melingkar. Sebagai catatan, solar plexus bukan merupakan organ tubuh manusia.

TENAGA DALAM  VS  SIHIR

Pada umumnya masyarakat kurang memahami betul apa yang dimaksud dengan ilmu tenaga dalam. Kesan yang mereka lihat kurang tepat akibat menyamaratakan bentuk-bentuk ilmu tenaga dalam yang dipertunjukkan oleh berbagai perguruan. Padahal hal-hal yang berbau klenik, sifatnya hanyalah campuran dari luar ke dalam ilmu tenaga dalam yang hakiki. Sebenarnya tenaga dalam merupakan fenomena alam yang berjalan di bawah Sunnatullah, karena itu ilmu ini adalah ilmu kebenaran dari Allah Yang Maha Mengetahui dan Maha Berilmu. 

Tenaga dalam adalah perilaku hati/batin yang mendasari niat perbuatan atau tindakan seseeorang dan merupakan suatu bentuk perlindungan yang diberikan (dianugerahkan) Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Perkasa kepada manusia yang mau mempelajari dan membinanya. Potensi tenaga dalam telah bersemayam dalam setiap orang. Tinggal mereka sendiri yang menentukan apakah mau atau tidak memanfaatkan potensi diri yang merupakan rahmat tak ternilai dari Sang Khalik. 

Di dalam paru-paru terdapat beribu-ribu pembuluh halus yang di ujung-ujungnya terdapat berjuta-juta kantong udara. Pembuluh-pembuluh halus ini sangat penting untuk menyerap udara bersih (oksigen) yang amat diperlukan dalam proses pembakaran di dalam tubuh. Apabila kantong-kantong udara ini tidak mendapatkan udara yang cukup, maka bisa mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit, antara lain : pilek, batuk , penyakit paru-paru, penyakit jantung, lemah jiwa, daya tahan tubuh rendah dan sebagainya.


Di samping itu tubuh manusia juga memerlukan bioenergi yang bertenaga sangat halus. Tenaga bukan berupa molekul-molekul udara melainkan berbentuk tenaga murni yang sangat halus. Tenaga halus atau bioenergi ini biasa dikenal dengan sebut prana, chi, tenaga dalam dan lain-lain istilah. 

Di dalam Al Hikmah, ikhwan/ikhwat Al Hikmah senantiasa ditekankan untuk selalu berdzikir Kepada Allah SWT. Hal ini untuk selalu mengingatkan bahwa hakikatnya manusia tidak mempunyai daya dan kekuatan sedikitpun melainkan atas Kehendak Allah SWT.


Sedangkan ilmu sihir dikerahkan dengan bantuan tenaga syetan. Syetan meskipun mau memberikan bantuan, sehingga seseorang bisa berbuat sesuatu yang aneh, namun ia pasti minta syarat dan imbalan. Syarat paling umum yang diminta syetan kepada pemujanya adalah seseorang harus dan wajib melepaskan aqidah dan imannya kepada Allah SWT. Akibatnya ahli sihir dan orang-orang yang menuntut ilmu sihir jatuh dalam kemusyrikan. Kenyataannya dalam olah kanuragan dan mengembangkan kemampuannya, selalu diiringi dengan upacara atau ritual yang sangat bertentangan dengan ajaran Islam. 

Di samping itu ilmu sihir selalu bertujuan untuk menimbulkan kerusakan dan kehancuran di kalangan manusia. Tidak ada ilmu sihir yang bertujuan baik. Hal ini tampak jelas ketika ada pasien pergi ke dukun sihir, selalu diminta melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan ajaran Islam dan cenderung bersifat maksiat. Itulah perbedaan yang jelas antara ilmu tenaga dalam dan ilmu sihir. Dari metode yang diterapkan dan dijalankan pada suatu perguruan, kita menentukan dan memastikan apakah perguruan itu bersifat syirik atau bukan. 


ILMU AL HIKMAH




Dalam al-Qur'an disebutkan, “Allah menganugrahkan al-Hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa yang dianugrahi al-Hikmah itu, ia benar-benar telah dianugrahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran.” (QS. Al-Baqarah: 269).

"Dan, telah menurunkan kitab dan hikmah kepadamu, dan telah mengajarkan kapadamu apa yang belum kamu ketahui. Dan, adalah karunia Allah sangat besar atasmu. (QS. An-Nisaa': 113).

Allah berfirman tentang Isa a.s., "Dan, Allah akan mengajarkan kepadanya al-kitab, hikmah, dan Taurat dan Injil." (QS. Ali Imran: 48).

Hikmah ada dua macam, yaitu yang bersifat ilmu dan yang bersifat amal. Yang bersifat ilmu ialah mengetahui kandungan-kandungan segala sesuatu, mengetahui kaitan sebab dan akibat, penciptaan dan perintah, takdir dan syariat. Adapun yang bersifat amal ialah seperti yang dikatakan pengarang Manazilus Sa'irin, yaitu meletakkan sesuatu pada tempat yang semestinya.

Menurut Ibnu Abbas r.a., hikmah adalah ilmu tentang Alquran, yang nasikh dan mansukh, yang pasti maknanya dan tersamar, yang diturunkan lebih dahulu dan yang diturunkan lebih akhir, yang halal dan yang haram, dan lain sebagainya.

Menurut Adh-Dhahak, hikmah adalah Alquran dan pemahaman kandungannya. Menurut Mujahid, hikmah adalah Alquran, ilmu, dan pemahaman. Dalam riwayat lain darinya, hikmah adalah ketetapan dalam perkataan dan perbuatan.


Menurut An-Nakhai, hikmah artinya makna segala sesuatu dan pemahamannya. Menurut Al-Hasan, hikmah adalah wara' dalam agama Allah.

Adapun hikmah yang disusuli dengan penyebutan al-kitab ialah petunjuk amal, akhlak, dan keadaan. Begitulah yang dikatakan Asy-Syafii dan imam-imam yang lain. Ada pula yang berpendapat bahwa hikmah artinya ketetapan berdasarkan wahyu.

Pendapat yang paling tepat tentang makna hikmah ini seperti yang dikatakan Mujahid dan Malik, yaitu pengetahuan tentang kebenaran dan pengamalannya, ketepatan dalam perkataan dan perbuatan. Yang demikian ini tidak bisa dilakukan kecuali dengan memahami Alquran, mendalami syariat-syariat Islam serta hakikat iman.


Ilmu Al Hikmah merupakan Aliran  keilmuan  yang  membangun  potensi  diri  dengan  menggunakan kekuatan  rohani (kekuatan  dalam  atau  biasa  disebut  tenaga  dalam) anugerah  dari  ALLAH  Yang  Maha  Kuasa  berupa  NUUR  HIKMAH  sebagai WASILAH  untuk  bermunajat/memohon kepadaNYA. Aliran  keilmuan  ini bukan  'isian'  maupun  bantuan  khodam/jin. Perguruan Al Hikmah  didirikan  oleh  Abah  Syaki  dari Cisoka Banten yang mana aliran ini telah tersebar ke pelosok nusantara maupun luar  negeri  yang  dibawa  oleh  para  perawat (guru  aliran  ilmu  Al Hikmah) baik  disebarkan  secara  individu  maupun  dengan  berbagai panji/bendera beraneka ragam perguruan/padepokan/pesantren.  


Adapun  Ciri  aliran  ini  adalah  kemampuan  para  penghayatnya  untuk menggunakan kekuatan rohani dengan methode pengerasan perut untuk tingkat awal dan pengejangan tangan untuk tingkat lanjutan. Selain itu juga  memiliki  motto yang  khas  yaitu:    "Ke  empat  penjuru  kita  mencari  saudara,  musuh jangan  dicari  tapi  kalau ada  jangan  sampai  lari.  Kalau  dijual  'bila perlu' dibeli.  Ingat diatas   langit   masih ada langit". Aliran  keilmuan  ini  disusun  oleh  Abah  Syaki  Abdul  Syukur  (Cisoka-Tangerang-Banten)  dari  kombinasi  pengajaran Syaikh K.H Toha Bin Si’ing (pendiri aliran  SinLamBa)  dan Syaikh K.H Mama Amilin (Pendiri  Tareqat  Abdul  Jabar).

Inti  keilmuan  dari  Syaikh Toha  adalah  kekuatan  rohani  yang  penggunaannya dengan kompres perut (mengeraskan otot perut). Sedangkan inti  keilmuan  dari Syaikh  K.H Mama Amilin  adalah  kekuatan  rohani  yang penggunaannya dengan pengejangan tangan atau jari yang biasa disebut dengan ilmu Abdul Jabar.

Ilmu Hikmah berbeda dengan ilmu kesaktian para pendekar yang bisa dipamerkan atau disombongkan. Justru pantangan utama dalam mempelajari ilmu hikmah adalah kesombongan atau merasa punya kehebatan. Kunci dalam ilmu hikmah adalah memohon pertolongan dan rahmat dari Allah agar dalam menjalani hidup di dunia ini, kita diberi keselamatan, kelancaran, kesuksesan, kemudahan, kebahagiaan dan segala hal baik yang kita butuhkan. Juga agar perjalan kita di akhirat nanti diberi kelancaran hingga kita bisa bertemu Allah Yang Maha Besar.

Manfaat ilmu Al-Hikmah:
Kekuatan Ilmu Al-Hikmah ini berasal dari asma Allah dan do’a-do’a yang diwiridkan setiap sehabis sholat lima waktu.  Selain itu, cara pengolahan atau membangkitkan keampuhannya cukup menggunakan otot-otot perut dibarengi dengan rasa pasrah diri kepada ALLAH SWT.  “Dalam bela diri ini tidak memerlukan bentrokan fisik, tetapi cukup menggunakan otot-otot perut yang dikencangkan (di-press) sewaktu berhadapan dengan musuh. Insya Allah mereka yang akan berbuat jahat terpental. Selain untuk perlindungan diri secara fisik, ilmu ini juga melindungi kita dari serangan sihir, hipnotis bahkan racun. “Seandainya kita disuguhi minuman atau makanan beracun, maka ketika kita akan menyentuh piring atau gelas tersebut, maka wadah itu akan pecah seketika.

Syarat-syarat pelajaran Al Hikmah :
1. Jangan tinggalkan sholat yang lima waktu
2. Taat kepada kedua Orangtua
3. Jangan berzina
4. Jangan berjudi
5. Jangan mencuri (menipu)
6. Jangan minum-minuman keras (khamer)
7. Jangan makan barang yang haram
8. Jangan menduakan Tuhan
9. Jangan berdusta
10. Jangan riya`
11. Jangan sombong
12. Jangan Syirik ,dengki, dendam
13. Jangan memfitnah

Semua itu garis besarnya menjadi dua pasal :
1. Tidak boleh melanggar hukum Negara RI
2. Tidak boleh melanggar hukum agama Islam.


Sumber :
http://zeromind165.blogspot.com/2011/05/proses-terjadinya-tenaga-dalam.html
http://www.hidayatjati2u.com/tenagadalamdansihir.html
http://jpurwanto.wordpress.com/

7 komentar:

  1. assalamualikum
    numpang tanya, jika kita mau bergabung dan belajar al hikmah akan tetapi kita pernah melanggar salah satu syarat yang di atas bagaimana?
    apakah masih boleh mempelajari al hikmah?
    mohon penerangannya . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalam wr. wb..
      maaf baru balas,, harap maklum..
      Insyaalah setiap muslim/muslimah siapapun itu bisa untuk mempelajari dan bergabung dgn al hikmah...
      Syarat2 dalam mempelajari al hikmah merupakan bagian dari hukum islam.. Jadi gmn kalo kita pernah melanggar salah satu syarat tersebut.. tentunya kita bertaubat dengan sungguh2 kepada Allah dan berjanji utk tidak mengulanginya,, dan Allah Maha Pengampun.. Insyaallah saudara ilham arifin boleh mempelajari al hikmah.. silahkan hubungi pembina/perawat terdekat dgn daerah saudara...

      Hapus
  2. melangggar apa nih.? dosa itu ada tarafnya, kalau dosa menipu dan mengambil hak orang bisa dengan minta maaf kepada orang yang di zolimi, tetapi bagaimana jika dosa berzinah dan minum khamer mabuk2an..? jika dosa dibuat sebelum ada ba'iat maka ba'iat itulah sebagai tobatnya dan kesungguhan atas permohonan maaf dosanya. tetapi jika Dosa dilakukan setelah Ba'iat dan mengamalkan amalan yang diberikan maka hanya allah lah yang mampu menjawabnya...kapan kita dengar suara allah.? dan kapan allah menjawabnya.? jawabannya Nanti saat sakaratul maut dan alam barzakh.!!!

    Ilmu allah bukan ilmu yang bisa dimainkan dengan janji dan sumpah yang diucapkan..!!!

    wallahualam bisawab, innalilahi wa inailahi rojiun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. jika kmi sdh bisah penuhi sarat2 yg di atas mungkin kami tidak perlu belajar ilmu al hikma ......mf bkn protes karna saya baru berbentuk manusia

    BalasHapus
  4. Ilmu hikmah berarti peningkatan iman, takwa, ikhsan dan mentauhidkan Alloh swt dengan senantiasa mensucikan diri dari dosa, maksiat dan syirik.selalu bisa untuk bersabar dari ujian dan cobaan dari Alloh swt.

    BalasHapus
  5. Selalu bisa meninggalkan yang haram dan mengambil yang halal lagi baik (halalan toyibah).

    BalasHapus